Senin, 02 Juli 2012

Kejayaan Spanyol Pengaruh dari Pemain Barca


Spanyol tahun ini mematahkan rekor sebagai tim yang memenangi gelar juara EURO 2 kali berturut. Hal ini mejadikan Spanyol sebagai Negara sepakbola terkuat saat ini setelah sebelumnya juga memenangi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.
Nah, yg menjadi perbincangan kali ini ialah pola permainan Spanyol yang transparan banget mengikuti permainan Barca, yakni tiki taka. Hal tersebut menyebabkan Spanyol menjadi tim yang sulit dikalahkan karna permainan offensifnya, serta passing-passing pendek yang baik serta menyulitkan lawan. Dari hal tersebut sudah jelas bahwa Spanyol tidak sekuat sekarang tanpa adanya perminan tiki taka tersebut.
Kunci dari permainan tiki taka ialah team work, passing akurat & kemampuan melihat celah. Semua kemampuan tersebut sudah sangat dihafal pemain-pemain Barca, maka dari itu sebagian starting eleven dari Spanyol adalah pemain Barca sendiri. Xavi & Iniesta adalah bintangnya. Mereka berdua adalah otak permainan Spanyol & juga Barca. Bisa dibilang mereka berdua adalah pemain kunci yang sangat vital dalam tim. Kegemilangan penampilan Jordi Alba yang telah resmi mendarat di Camp Nou musim ini juga mesti mendapat kredit penting, kecepatan dribel serta kuat dalam bertahan mebuat pemain ini menjadi salah satu pemain belakang terbaik pada pegelaran EURO kali ini. Tak lupa juga untuk Pique, Busquets & Fabregas yang selalu konsisten bermain baik, juga buat Pedro walaupun jarang dimainkan. Namun sangat disayangkan, sang kiper nomor satu Barca, V. Valdes sama sekali tidak pernah diturunkan akibat kegemilangan penampilan I. Cassilas, sehingga membuatnya selalu berada di bangku cadangan.

Terlepas dari itu semua, sudah jelas bahwa kejayaan Spanyol kali ini juga berkat pemain-pemain asal klub catalan tersebut. Mereka adalah sumber inspirasi permainan Spanyol. Tanpa mereka, tiki taka tak bisa dimainkan di Spanyol… :D
Visca Barca…!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
;